Merangkai Speaker Untuk Kabinet

Beberapa waktu lalu ada yang sempat tanya, bagaimana skema wiring untuk kabinet speaker jika speakernya lebih dari satu. Ada 3 cara umum untuk wiring speaker, antara lain:

1. Rangkaian Seri
Dalam rangkaian ini total Impedance adalah jumlah penambahan Impedance dari sepaker di dalamnya, begitu pula dengan watt-nya. Jika ada 2 speaker dengan Impedance 8 Ohm, maka total Impedance kabinet adalah 16 Ohm. Jika masing-masing speaker memiliki 100 Watt, maka total power adalah 200 Watt.

Speaker Wiring - Seri

Rumus:
Total Impedance (Imp) = Imp1 + Imp2 …
Total Watt (W) = W1 + W2 …

2. Rangkaian Paralel
Dalam rangkaian ini total Impedance adalah jumlah penambahan Impedance dibagi dengan jumlah sepaker di dalamnya, sedangkan Watt sama dengan rangkaian seri (Impedance masing-masing speaker harus sama). Jika ada 4 speaker dengan masing-masing memiliki Impedance 16 Ohm, maka total Impedance kabinet adalah 16:4 = 4 Ohm. Jika ke-empat speaker masing-masing memiliki 100 Watt, maka total power adalah 400 Watt.

Speaker Wiring - Paralel

Rumus:
Total Impedance (Imp) = Imp1 / Jumlah Speaker
Total Watt (W) = W1 + W2 …

3. Rangkaian Seri-Paralel
Dalam rangkaian ini Impedance & Watt masing-masing speaker harus sama. Total Impedance adalah Impedance dari satu speaker, sedangkan Watt sama dengan rangkaian seri. Jika ada 4 speaker dengan masing-masing memiliki Impedance 16 Ohm, maka total Impedance kabinet adalah 16 Ohm. Jika ke-empat speaker masing-masing memiliki 100 Watt, maka total power adalah 400 Watt.

Speaker Wiring - Seri-Paralel

Rumus:
Total Impedance (Imp) = Imp1
Total Watt (W) = W1 + W2 …

Catatan:
Untuk ampli jenis Solid-State, perubahan Impedance berpengaruh pada rating power, tapi tidak untuk Tube amp.

This entry was posted in DIY - Ampli Gitar. Bookmark the permalink.

One Response to Merangkai Speaker Untuk Kabinet

  1. Pingback: Alexander7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>